Lebih Dekat Lebih Manis


Cokelat, makanan lezat yang berwarna cokelat ini memang terasa sangat menggoda bagi siapa saja. Apalagi saat lumer dilidah sensasi lembutnya tiada tara membuat orang yang memakannya merasa tenang sambil menikmatinya.

Cokelat berasal dari bahasa Indian Aztec, cocoatl, yang berarti minuman pahit. Suku Aztec maupun Suku Maya di Meksiko sangat percaya kalau cokelat diturunkan oleh Dewa Pertanian yang berasal dari surga untuk mereka. Lalu Hernando Cortez, seorang warga Spanyol membawa cokelat tersebut dan menambahkan gula dalam penyajiannya, dan hasilkan rasa manis yang terasa membuat cokelat makin dikenal oleh kalangan banyak. Sehingga cokelat terkenal di negara Perancis, Inggris dan Belanda. Diikuti Amerika Serikat yang mendirikan pabrik cokelat pertama mereka di Massachusetts pada tahun 1765.

Secara garis besar cokelat dapat terbagi menjadi tiga, yaitu :

  1. Dark Chocolate(Cokelat Pekat)

Seperti namanya cokelat ini berwarna agak kehitaman dan rasanya yang sedikit lebih pahit. Tapi cokelat ini mengandung biji cokelat yang poaling tinggi yaitu minimal 70 persen. Cokelat hitam ini mempunyai kelebihan lainnya dengan tingkat gula yang rendah dan tanpa lemak jenuh.

  1. White Chocolate(Cokelat Putih)

Cokelat putih hanya mengandung biji cokelat(kokoa) sebesar 33 persen dan sisanya adalah susu, gula, dan vanilla. Itulah mengapa cokelat ini dapat berwarna putih sesuai namanya.

  1. Milk Chocolate(Cokelat Susu)

Cokelat susu merupakan cokelat yang sangat difavoritkan oleh semua orang karena campurannya menggunakan susu dan gula sehingga rasanya lebih nikmat dari jenis cokelat yang lain dan terlihat dari warnanya lebih terang dari cokelat pekat.

Kini cokelat sudah tersedia dari kecil hingga yang besar baik makanan maupun minuman. Bahkan kini cokelat sudah banyak dikombinasikan dengan buah-buahan dan makanan lainnya. Tapi ada baiknya anda menjaga nafsu anda dalam mengkonsumsi cokelat karena didalamnya terdapat lemak jenuh dan gula yang sangat tinggi. Bahkan kadang kala terdapat minyak sayur yang terhirogenasi yang berakibat kerusakan pada gigi dan kesehatan lainnya seperti diabetes atau tingginya tingkat gula dalam tubuh yang berakibat fatal hingga kematian.(Kompas 23 Februari 2010)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Lebih Dekat Lebih Manis"

Posting Komentar