Android Menjadi Pilihan Produsen Smartphone

Meluncurnya system operasi Android dari Google Inc memicu perubahan besar dalam industri ponsel smartphone secara global. Para produsen berlomba mengadopsi Android untuk mendongkrak angka penjualan produk mereka.

Smartphone yang bersistem opserasi Android pertama kali diluncurkan tahun 2008 silam dan terus mengalami peningkatan penjualannya karena mendapat dukungan dari produsen smartphone dan operator selular.

Salah satu produsen yang sangat menggantungkan harapan besar pada Android adalah Motorola Inc. Bertahun – tahun terpuruk karena produknya yang dianggap kurang kompetitif, kini Motorola mengalami pertumbuhan cukup signifikan pada akhir 2009 setelah merilis smartphone bersistem operasi Android bernama Cliq dan Droid.

Menurut suatu firma riset International Data Corp(IDC) mengungkapkan, keduan produk baru Motorola tersebut sangat laris secara global yakni 2 juta unit.

Berkat kehadiran Android, yang merupakan system operasi gratis, maka otomatis harga smartphone pun dapat ditekan dengan harga yang minim. Bila dibandingkan dengan Microsoft Corp, yang memungut biaya penjualan lisensi produknya Windows Phone kisaran antara USD7-25 per unit. Makanya tak heran harga smartphone dengan system operasi Windows Phone lebih mahal ketimbang yang bersistem operasi Android. Dengan Android arga sebuah smartphone dapat berkurang dibawah USD100.

IDC memperkirakan penjualan smartphone secara global akan terus meningkat hingga 20,3 % per tahun mulai 2009 hingga tahun 2013. dan pada tahun tersebut Android akan menempati posisi kedua terbesar di dunia setelah Symbian.

Menurut Google system operasi yang mereka ciptakan(Android) telah digunakan pada 26 jenis smartphone dan 59 operator selular yang beroperasi di 48 negara.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Android Menjadi Pilihan Produsen Smartphone"

Posting Komentar