Sejarah Pesawat Balon Udara


Ferdinand Adolf Keinrich August Graf von Zeppelin atau yang lebih dikenal Ferdinand von Zeppelin atau “Si Tua dari Bodensee” merupakan seorang jenderal angkatan darat Jerman yang sekaligus pembuat balon udara.


LZ 1 atau sering disebut (Zeppelin) adalah pesawat balon udara pertama yang ia ciptakan dan digunakan untuk berperang melawan Inggris. Namun setelah perang usai Zeppelin dimanfaatkan sebagai pesawat komersil, untuk menikmatinya penumpang harus menguras kantong dalam-dalam karena tiket yang harus dibayar waktu itu sangat mahal sehingga tidak banyak warga Jerman sendiri menikmatinya. Dan Zeppelin yang paling terkenal adalah Graf Zeppelin, karena berhasil keliling dunia pada tahun 1929.

Musibah Hidenburg

Dibalik kemewahan Zeppelin ada peristiwa yang tak terlupakan untuk pesawat udara Zeppelin, tepatnya 6 Mei 1937 di New Jersey, Amerika Serikat. Hari itu kapal udara zeppelin Jerman terbesar yang pernah diciptakan kala itu, Hidenburg, mencoba berlabuh dengan tiang pengikat di Staiun Angkatan Udara Lakehurst. Namun entah kenapa pesawat tersebut pun meledak dan membuat 35 orang tewas dari 97 orang secara keseluruhan.

Kapal udara dengan panjang 245 meter dan diameter 41 meter ini normalnya diisi dengan gas helium, namun embargo militer Amerika Serikat terhadap helium memaksa zeppelin menggunakan gas hidrogen yang mudah terbakar sebagai gas penampung. Banyak yang mengatakan hal ini disebabkan oleh percikan listrik statis yang terkumpul dari geseran dengan udara mnyebabkan permukaan aluminium terbakar dan melepaskan gas hidrogen. Hal itu terlihat dari tidak berwarnanya api saat zeppelin meledak, karena sebagaimana diketahui hidrogen yang terbakar tidak berwarna.

Karena kejadian Hidenburg itu nama kapal udara zeppelin menjadi momok yang sangat menakutkan untuk ditumpangi. Hal ini pun menyebabkan kepercayaan masyarakat pada kapal udara hilang dan era kapal udara pembawa penumpang pun berakhir.(Sumber:Wikipedia)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

1 Response to "Sejarah Pesawat Balon Udara"

  1. Helikopter says:
    5 Agustus 2015 pukul 02.12

    Artikel zepelinnya menarik gan. thanks..

Posting Komentar