Satu Lagi Kebudayaan Indonesia Yang Terancam Punah

Belakangan banyak situs sejarah di negara ini yang sudah tidak terurus dengan baik oleh negara maupun masyarakat adat itu sendiri. Hal ini banyak disebabkan oleh perkembangan jaman yang tidak diiringi kemajuan di daerah terpencil dimana biasanya terdapat benda-denda yang mempunyai nilai sejarah tinggi untuk dilestarikan. Selain itu masyarakat tradisional didaerah terpencil ada yang terbentur oleh peraturan negara, dijadikannya hutan yang sudah lama didiami penduduk setempat sebagai hutan lindung. Masyarakat daerah terpencil biasanya membangun rumah masih menggunakan berbagai macam kayu dari hutan langsung, namun karena hutannya sudah dijadikannya hutan lindung oleh negara hal itu membuat mereka tidak bisa menebang pohon sembarang seperti dulu kala.

Di Sumatera Barat tepanya di Dusun Ugai, Desa Madobag, Kabupaten Kepulauan Mentawai dan butuh waktu 4 hingga 5 jam untuk mencapai lokasi tersebut menggunakan sampan bermesin, terdapat rumah adat yang ditinggali oleh beberapa keluarga seperti rumah adat tradisional pada umumnya di Indonesia ini disebut uma. Uma kini terancam punah karena termakan oleh waktu sehingga terlihat tidak kokoh lagi seperti dahulu. Uma yang terbuat dari lima jenis kayu, yaitu meranti putih, gaharu, pohon enau, bambu, rotan, atap rumbia, dan kayu ribuh untuk tiang penopangnya.

Sayangnya hal ini tidak didukung sepenuhnya oleh pemerintahan daerah setempat. Bahkan tahun 1980-an pemerintaha menganjurkan masyarakat tradisional Mentawai yang sudah menikan untuk meninggalkan uma dan membangun rumah sendiri yang lebih kecil. Sejak itu pula fungsi dari uma itu sendiri hanya untuk dijadikan tempat upacara adat.

Jelas pemerintah tidak mendukung rakyatnya untuk tidak membudidayakan kebudayaan Mentawai yang sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun bahkan sebelum para pejabat pemerintahan itu lahir. Sunggunh disayangkan kebudayaan Indonesia yang terkenal sangat banyak karena dipisahkan oleh lautan ini harus hilang didepan mata rakyatnya sendiri karena ketidakpedulian pemerintah jaman sekarang dalam melestarikan budaya yang terancam punah. Apalah artinya sebuah negara tanpa budaya yang punya nilai sejarah tinggi untuk diperkenalkan kepada anak dan cucu kita nantinya. Tidak ada negara yang tidak mempunyai budaya didunia ini. (sumber:Kompas)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Satu Lagi Kebudayaan Indonesia Yang Terancam Punah"

Posting Komentar