Bab 3 Individu, Keluarga dan Masyarakat

Bab 3
Individu, Keluarga dan Masyarakat

Hubungan Antara Individu, Keluarga dan Masyarakat
A. Makna Individu
Manusia adalah mahluk individu yang berkembang dengan caranya sendiri sejalan kehidupan yang di alaminya walaupun dia mempunyai kembaran. makna individu itu sendiri mahluk yang tidak dapat dibagi - bagi dan tidak dapat dipisah - pisahkan antara jiwa dan raganya. Dan untuk menjadi individu mandiri harus melalui proses yang tidak mudah, ruang lingkup prosesnya pun bertahap - tahap. Kiranya manusia saat berumur 5-6 tahun telah mulai prosesnya membentuk dirinya dengan munculnya keegoan emosi pada dirinya.

B. Makna Keluarga
Keluarga adalah sebuah kelompok primer yang begitu penting di dalam masyarakat dan merupakan sebuah kelompok penting juga dalam perkembangan seseorang dalam membentuk jati dirinya.
Ada lima sifat penting dalam keluarga, yaitu :
  1. Hubungan suami-istri
  2. Bentuk perkawinan dimana suami-istri itu diadakan dan dipelihara
  3. Susunan nama - nama dan istilah - istilah termasuk cara menghitung keturunan, Patrilineal atau keturunan garis laki - laki(Batak), Matrilineal atau keturunan garis wanita(Minangkabau). Hak yang diurus oleh adik atau saudara perempuan adalah Avonculat.
  4. Milik/benda keluarga
  5. Umumnya keluarga ialah tempat bersama/rumah bersama.
C. Makna Masyarakat
Berikut beberapa definisi mengenai masyarakat :
  1. R. Linton, seorang ahli antropologi mengemukakan bahwa masyarakat adalah setiap kelompok manusia yang telah cukup lama hidup dan bekerja sama sehingga mereka itu dapat mengorganisasikan dirinya dan berfikir tentang dirinya sebagai satu kesatuan sosial dengan batas - batas tertentu.
  2. M.J. Herskovist menulis bahwa masyarakat adalah kelompok individu yang diorganisasikan dan mengikuti satu cara hiduup tertentu.
  3. J.L. Gillin dan J.P. Gillin, mengatakan bahwa masyarakat adalah kelompok manusia terbesar dan mempunyai kebiasaan, tradisi, sikap dan perasaan persatuan yang sama.
  4. S.R. Steinmetz, seorang sosiologi Belanda mengatakan bahwa masyarakat adalah kelompok manusia yang terbesar yang meliputi pengelompokkan - pengelompokkan manusia yang lebih kecil yang mempunyai perhubungan yang erat dan teratur.
  5. Hasan Sadly mendefinisikan masyarakat adalah golongan besar atau kecil dari beberapa manusia, dengan atau karena sendirinya, bertalian secara golongan dan mempunyai pengaruh kebatinan satu sama lain.
Urbanisasi dan Urbanisme
Urbanisasi adalah suatu proses perpindahan penduduk dari desa ke kota, sedangkan urbanisme merupakan suatu kebiasaan penduduk untuk melakukan perpindahan dari satu tempat ke suatu tempat. Berikut 2 aspek terjadinya urbanisasi :
  1. Perubahan masyarakat menjadi masyarakat kota
  2. Bertambahnya penduduk kota akibat mengalirnya penduduk baru yang berasal dari desa

12345678901011121314151617181920212223242526272829303132333435363738394041424
Nama : Sendi Arta Gumelar
NPM : 17108299
Kelas : 1 KA 26

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Bab 3 Individu, Keluarga dan Masyarakat"

Posting Komentar