Penentuan Juara La Liga 2009-2010


Setelah Bayern Munich menjuarai Bundesliga disusul Marseille juara Ligue-1, lalu FC Twente merebut gelar Eredivise Belanda dan Chelsea yang Minggu lalu menjadi Juara Liga Primer, dan gelar juara lainnya yang tidak panas untuk diperebutkan adalah La Liga Spanyol. Sama halnya dengan Liga Primer, penentuan juara akan ditentukan sampai akhir laga 16 Mei 2010 mendatang.

Barcelona yang masih memimpin klasemen sementara unggul satu poin atas Real Madrid yang hanya peroleh 92 poin. Sebelumnya Real Madrid sempat bertengger diposisi pertama namun akhirnya harus turun setelah dalam laga bertemu Barcelona, El Real harus mengakui kehebatan tim asuhan Pep Guardiola dengan skor 2-0. Padahal waktu itu Real Madrid bermain dikandang sendiri namun pada akhirnya tidak dapat memanfaatkan kesempatan dan harus turun ke peringkat kedua. Jadi sebenarnya penentuan La Liga Spanyol dapat dipastikan oleh laga tersebut dimana Barcelona memenanginya.

Hal ini serupa dalam Liga Primer antara Chelsea dan Manchester United yakni keduanya hanya berselisih satu poin dan kemenangan mutlak harus diraih bila ingin menjadi juara. Namun tetap saja walaupun MU menang atas Stoke City dengan skor 4-0, sebelumnya Chelsea telah menelan Wigan Athletic di Stamford Brige 8-0 sehingga Chelsea berhak atas gelar juara Liga Primer.

Jadi pada pertandingan hari Minggu nanti dimana kedua rival abadi tersebut bermain dalam waktu yang bersamaan yakni pukul 19.00 waktu setempat akan menjadi pertandingan yang sangat meneganggakan bagi kedua kesebelasan dan fans mereka. Pada laga nanti jelas Barcelona lebih diunggulkan karena mereka akan bermain dikandang, yakni Stadion Camp Nou melawan Real Valladolid dan sedangkan Real Madrid akan bertandang ke markas Malaga diwaktu yang sama. Walaupun Real Madrid menang besar atas tuan rumah, apalah artinya jika Barcelona juga menang tipis misalnya 1-0, tentu raihan poin masih unggul Barca(panggilan klub Barcelona) dan sah menjadi juara La Liga Spanyol berturut setelah musim lalu juga menjuarai liga yang sama. Real Valladolid pada pertandingan nanti juga akan berjuang agar bertahan dalam Divisi Utama Liga Spanyol, karena mereka kini berada di zona terdegradasi yaitu posisi 19 atau posisi kedua dari bawah.

Real Madrid dalam hal ini tentu hanya dapat berharap Barcelona terpeleset dan kalah, sehingga piala La Liga Spanyol dapat mereka rebut dari juara bertahan. Madrid sendiri lebih diunggulkan ketimbang tuan rumah yang sementara duduk di posisi 16 agar tidak masuk jurang degradasi.

Jadi karena lawan Barcelona maupun Real Madrid akan berjuang sampai titik darah pengabisan untuk tidak terdegradasi dipastikan kedua laga akan berjalan seru sampai peluit wasit menutup laga nanti.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Penentuan Juara La Liga 2009-2010"

Posting Komentar