KA Rute Bandung-Jakarta Akhirnya Dihentikan


KA Parahyangan yang menjalani rute Bandung-Jakarta selama 39 tahun akhirnya dihentikn oleh PT KAI. KA Parahyangan yang telah melayani masyarakat pada rute ini sejak 31 Juli 1971 disinyalir dihentikan karena merugi miliaran rupiah karena okupansi dari masyarakat sangat kurang hingga tidak mampu menutupi biaya operasinya. Bayangkan saja dengan persentase penumpang yang melakukan perjalanan Bandung-Jakarta hanya berkisar antara 50%-60% sekali jalan, belum lagi pemangkasan tariff yang dilakukan guna memikat masyarakat nyatanya tidak dapat berbuah hasil yang diharapkan oleh PT KAI.

Pembangunan Tol Cipularang yang jarak tempuhnya lebih cepat dari menggunakan KA Parahyangan juga bisa dibilang sebagai langkah awal kerugian dari kereta api rute Bandung-Jakarta tersebut. Rute ini ramai apabila ada hari-hari libur panjang atau hari libur nasional dan ditambah okupansi dari Jakarta menuju Bandung sangat minim dikarenakan masyarakat lebih memilih lewati Tol Cipularang yang jarak tempuhnya lebih cepat dengan menggunakan bus atau travel.

Pemesanan tiket KA Parahyangan terakhir yaitu tanggal 27 April mendatang, namun dalam pengoperasiannya menggunakan KA Argo Gede. Karena pada tanggal itu KA Parahyangan rute Bandung-Jakarta resmi tidak dioperasikan lagi. Tidak jauh berbeda nasibnya dengan KA Parahyangan yang merugi, sebenarnya KA Argo Gede pun merugi sampai Rp40miliar.

Selanjutnya KA PArahyangan akan pindah rute operasionalnya di Bandung-Malang yang akan menarik 2 kereta eksekutif, 3 kereta bisnis, 2 kereta ekonomi plus, dan 1 kereta barang pada 30 April yang akan datang. Tariff yang ditawarkan sendiri untuk eksekutif Rp220.000, bisnis Rp150.000, dan untuk ekonomi plus Rp90.000. Agar tidak gagal seperti rute sebelumnya PT KAI melakukan promosi dari tanggal 30 April-15 Juni 2010, untuk eksekutif menjadi Rp200.000, bisnis Rp130.000, dan ekonomi Rp80.000.

Nah mungkin saran saja untuk PT KAI, agar tidak gagal dalam usahanya dalam pengembangan transportasi menggunakan kereta api adalah dengan lebih memeperhatikan kebutuhan konsumen agar lebih nyaman lagi dalam bepergian menggunakan kereta api. Seperti yang terjadi belakangan banyak kerta api yang beroperasi sudah dimakan usia terjungkal dari jalurnya. Belum lagi masalah perawatan bantalan rel yang selalu dipersalahkan akibat kecelakaan kereta api di Indonesia. Itu semua belum termasuk masalah kebersihan gerbong, keamanan, kenyamanan penumpangselama perjalanan seperti peratan untuk tempat duduk dan meja serta penerangan dan kebersihan toilet yang ada didalam gerbong.(Sumber:Seputar Indonesia)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "KA Rute Bandung-Jakarta Akhirnya Dihentikan"

Posting Komentar