Apa Itu Metode Ilmiah?


Wah kalau mendengar kata ilmiah yang ada dibayangan pikiran kita pasti disebuah laboratorium canggih dimana terdapat insinyur-insinyur yang tentunya handal sedang menangani masalah atau membuat formula hebat untuk kepentingan manusia atau jangan-jangan untuk kepentingan jahat. Hal itu dapat terucap karena terbiasanya kita mendengar kata ilmiah tersebut dengan ruang lingkup tidak jauh berbeda dengan penjelasan diatas. Tapi yang ini adalah metodenya atau bagaimana caranya masalah ilmiah itu terselesaikan.

Metode sendiri adalah bagaimana cara berbuat untuk menyelesaikan masalah yang sedang kita tangani. Metode biasanya hadir atau ada setelah kita sedang mengalami problematika yang tidak dapat kita selesaikan dengan cara yang biasa, oleh karena itu namanya metode. Sedangkan ilmiah itu bisa diartikan sesuatu yang dipikirkan secara mendalam dan dibutuhkan cara penanganan yang tidak biasa untuk penyelesaian masalahnya. Ilmiah itu sendiri biasanya membutuhkan ruangan khusus dalam prosesnya sehingga jauh dari kontak kehidupan. Tapi itu semua tergantung dan disesuaikan objek apa yang akan kita jadikan panduan dalam memilih metode ilmiah.

Jadi metode ilmiah itu, adalah proses atau cara mengatasi masalah yang tidak biasa terjadi dalam pemikiran manusia sehingga perlu adanya pendalaman masalah agar kita lebih lihai atau pandai dari masalah yang menghadang. Tapi ingat sepandai-pandainya kita, harus memikirkan untuk tidak mengurangi etika dalam penerapan cara penyelesaiannya agar tidak menyimpang dari aturan yang ada. Untuk mencapai hasil yang cepat dan sesuai keinginan, dalam prosesnya metode ini awalnya membutuhkan bahan untuk diteliti dan dijadikan sebagai objek penelitian. Setelah itu baru dapat ditentukan langkah selanjutnya yang akan diambil. Sebenarnya dalam metode ilmiah juga terdapat beberapa fase antara lain pengamatan atau observasi, studi kepustakaan, baru setelah itu tahap penelitian dan uji coba.

Untuk observasi dapat melihat objek penelitian secara langsung misalnya, atau bisa juga melalui alat Bantu seperti teropong bintang apabila kita mengambil objek luar angkasa untuk dijadikan objek penelitian kita. Melalui pengamatan dapat kita ambil nilai penting dari objek tersebut seperti tingkah lakunya, perubahan massa, pemuaian benda, penambahan atau pengurangan berat objek, dan sebagainya. Observasi ini biasanya dilaksanakan 24 jam sehari dengan peraturan yang ketat, sampai-sampai dalam tahap ini memerlukan sebuah ruang sterilisasi sebelum memasuki ruang observasi yang biasanya dapat ditemukan pada objek penelitian yang dilakukan secara rahasia atau mungkin berbahaya.

Tergantung objek penelitian apa yang teliti, biasanya dalam penanganannya peneliti sudah mengenal betul objek yang sedang diteliti. Namun hal itu tidak menutup kemungkinan untuk membuka buku pengetahuan mengenai bersangkutan jikalau objek yang mereka teliti merupakan jenis baru, sebagai contoh objek penelitian mereka ialah tumbuhan pemakan daging berukuran besar yang baru pertama kalinya ditemukan sejagad dunia ini. Jadi studi kepustakaan juga sangat diperlukan dalam melakukan metode ilmiah.

Apabila pengamatan atau observasi dan studi kepustakaan telah dilakukan, yang berikutnya adalah tinggal melaksanakan penelitian yang lebih mendalam setelah kita mendapat informasi-informasi dari fase sebelumnya. Dan kalau kita mempunyai rancangan terstruktur yang bagus dalam metode ini pastinya kita akan menemukan jawaban yang sesuai dengan masalah atau objek yang sedang kita teliti. Tapi jangan senang dulu, hal itu perlu dibuktikan dengan uji coba harus dilewati untuk menentukan metode ilmiah yang kita lakukan berhasil atau tidak. Nah lebih baik kita mengerjakan semuanya dengan baik, pelan dan pasti, tapi jangan terlalu pelan juga nanti malah tidak jadi-jadi…

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Apa Itu Metode Ilmiah?"

Poskan Komentar