Perkembangan Bahasa Indonesia

Perkembangan Bahasa Indonesia

Sebagai bahasa nasional, Bahasa Indonesia mengalami tahap - tahap penting dalam perkembangannya. Dimulai dari Tahun 1901, disusun ejaan resmi bahasa Melayu oleh Ch. Van Ophuysen dalam Kitab Logat Melayu sebagai cikal bakal Bahasa Indonesia. Pada Tahun 1928 Bahasa diikrarkan dalam sebagai bahasa persatuan. Kemudian Tahun 1942 kedudukan Bahasa Indonesia semakin kokoh akibat kekalahan Belanda terhadap Jepang, yang secara otomatis Bahasa Belanda tidak boleh dipergunakan lagi baik dalam kehidupan sehari - hari maupun dalam situasi resmi. Tahun 1945 Bahasa Indonesia memperoleh kedudukannya yang lebih pasti sebagai bahasa nasional, bahasa resmi, bahasa kesatuan, dan bahasa negara. Kemudian, dengan penetapan pemakaian ejaan baru oleh Presiden RI tanggal 16 Agustus Tahun 1972.(netsains.com)

Sebenarnya banyak sekali yang harus kita banggakan dari Bahasa Indonesia. Seperti yang diberitakan sius Kompas.com tanggal 12 Juni 2009, Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City, Vietnam mengungumkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua secara resmi pada bulan Desember 2007, kata seorang diplomat Indonesia. Bahkan Bahasa Indonesia disejajarkan dengan Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, dan Bahasa Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan. Jumlah mahasiswa yang mendaftar sampai November 2008 sebanyak 63 orang.

Masih dalam situs Kompas.com, pada edisi tanggal 1 Juli 2009 dikatakan bahwa Bahasa Indonesia menjadi salah satu mata pelajaran bahasa asing yang ditawarkan di beberapa sekolah di Australia.

Maka sepantasnya kita lebih menyayangi dan memelihara bahasa kita, sekaligus bahasa pemersatu bangsa yakni Bahasa Indonesia. Harusnya kita sadar kalau bahasa kita bernilai tinggi dimata dunia dimana bangsa asing pun kini sudah banyak mempelajari Bahasa Indonesia bahkan mereka sekaligus mendalami kebudayaan negara kita secara bersamaan.

Baru - baru ini masih di situs yang sama, Kompas.com, hal yang mengejutkan terjadi dalam perkembangan Bahasa Indonesia. Dikabarkan sebanyak 40 negara mempelajari Bahasa Indonesia. Negara yang paling intens mengembangkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa asing di sekolah diantaranya Jepang, Malaysia, Singapura, dan Australia.

!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Nama : Sendi Arta Gumelar
NPM : 17108299
Kelas : 3 KA 17

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Perkembangan Bahasa Indonesia"

Poskan Komentar